Rabu, Juni 19, 2024

BMI Kabupaten Belitung Timur Gelar Lomba Cerdas Cermat

Date:

BMI – Lomba Cerdas Cermat bertajuk Wawasan Kebangsaan yang diselenggarakan oleh DPC PDI Perjuangan (PDI-P) bekerja sama dengan Benteng Muda Indonesia (BMI) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) disambut antusiasme oleh para pelajar, pihak sekolah maupun lainnya.

Diketahui, PDI-P dan BMI Beltim menggelar lomba cerdas cermat pertama kali tersebut untuk tingkat kabupaten yang diikuti oleh 24 SMP, yang diselenggarkan selama dua hari di Cafe Resto Fega, Manggar, 22-23 Maret 2022.

Ketua DPC PDI-P Beltim, Fezzi Uktolseja menjelaskan bahwa latarbelakang kegiatan ini, kerena melihat kurangnya tentang wawasan kebangsaan anak-anak sekolah saat ini.

“Kami melaksanakan cerdas cermat wawasan kebangsaan, karena memang harus kita akui bahwa sekarang ini, kita lihat bahwa terutama anak-anak sekolah kita untuk wawasan kebangsaan sudah sangat kurang, ini bukan hanya di Belitung Timur, di tempat lain ada yang Pancasila saja ada yang nggak lurus,” ujar Fezzi usai membuka lomba tersebut.

Dia menuturkan, kegiatan lomba cerdas cermat ini juga menjadi ajang untuk terus menumbuhkembangkan semangat dan motivasi pelajar di Beltim untuk bisa terus berkarya ke depannya.

“Kalau SMP jumlah 24 alhamdullilah, semua itu mengikuti. Anak-anak ini kalau tidak ada kompetisi mereka tidak akan semangat. Dengan adanya kompetisi diharapkan mereka bersemangat, dan Insyaallah akan kami laksanakan sebagai program tahunan,” ujarnya.

Dia berharap, dengan adanya lomba ini, anak-anak SMP terutama, mempelajari dengan lebih giat wawasan kebangsaan.

“Peran partai politik, tidak hanya sekedar kampanye saat akan pemilihan. Saat ini PDI Perjuangan Belitung Timur sudah mulainya, yakni meskipun belum ada pemilihan mereka mengundang anak-anak SMP agar mereka bisa lebih mengetahui tentang wawasan kebangsaan dalam lomba ini,” tegas Ketua DPRD Beltim tersebut.

Sementara, Ketua Musyawarah Guru mata Pelajaran (MGP) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) kabupaten Belitung Timur, Rahmatdin menghrapkan bahwa kegiatan positif seperti lomba cerdas cermat kali ini terus digalakkan ke depannya.

Ia juga tak lupa berterima kasih kepada pihak penyelenggara dalam hal ini PDI-P dan BMI Beltim karena telah ikut andil dan berkontribusi untuk terus mencerdaskan anak bangsa.

“Kami Komunitas MGP mengucapkan antusias dan terima kasih setinggi-tingginya untuk penyelenggara kegiatan lomba cerdas cermat ini. Jadi memang kita rencanakan untuk menanamkan internalisasi nilai-nilai PPKn kepada siswa se Belitung Timur,” kata Rahmatdin.

“Semoga ini bisa menjadi agenda tahunan dan yang paling penting adalah tujuan dasarnya tercapai yaitu tertanamnya nilai-nilai Pancasila di SMP se Belitung Timur,” tukasnya.

Senada, Eky Feroza selaku guru perwakilan SMP 3 Kelapa Kampit sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Dia juga mengharapkan bahwa lomba cerdas cermat bisa terus terlaksana ke depannya.

“Meskipun kami tidak menjadi juara dalam perlombaan ini, sekali lagi kami berterima kasih kepada Banteng Muda Indonesia yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini. Ini adalah wujud baru kegiatan partai politik. Kami sangat mengapresiasi. Semoga ke depan bisa terselenggara dan harapannya semakin meriah,” pungkasnya.

Diketahui, dalam kegiatan Lomba Cerdas Cermat kali ini, SMP N 1 Manggar keluar sebagai juara pertama, kemudian disusul oleh MTs N 1 Beltim posisi kedua, dan ketiga SMP N 2 Mnaggar, dan terakhir SMP N 6 Manggar sebagai juara harapan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

Popular

Artikel Serupa
Update

DPP BMI Menghadiri Kelompok Diskusi Bertema Digitalisasi Pariwisata Desa

BMI - Sekjen DPP Banteng Muda Indonesia Patria Ginting...

DPP BMI Hadiri Pertemuan ICAPP Di Bangkok

BMI - Ketua Bidang Luar Negeri DPP Banteng Muda...

DPP BMI Hadiri Diskusi Kenang 123 Tahun Kelahiran Bung Karno

BMI - Ketua Bidang Kehormatan DPP Banteng Muda Indonesia...

BMI Banten Gelar Napak Tilas Perjalanan Bung Karno

BMI - Dalam menyambut Bulan Bung Karno 2024, Banteng...